Terima Kasih Atas Kunjungan Anda!


Selasa, 10 April 2012

Pengertian & Fungsi Perangkat Lunak

 Perangkat lunak atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai 'penerjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.

Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan: tingkatan program aplikasi (application program misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows), dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).

Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.



Macam-macamnya telah disebutkan diatas, yaitu:

  1. Program Aplikasi, contohnya Microsoft Office (Microsoft Word, Excel, Access, dll)
  2. Sistem Operasi, contohnya Microsoft Windows XP, Macintosh Mac OS, dan Linux
  3. Bahasa Pemrograman, dibagi 3 tingkatan lagi, yaitu:
    a. Low Level Language
    b. Middle Level Language, contohnya STO & MOV. Sedangkan bahasa yang tergolong dalam bahasa ini adalah Assembler dan FORTRAN
    c. High Level Language, contohya BASIC, Pascal, dan COBOL
Sedangkan, Fungsi dari perangkat lunak sendiri adalah bahwa mereka merupakan program-program untuk mengoperasikan hardware-hardware yang ada di dalam komputer itu sendiri.
Fungsi dari Program Aplikasi adalah untuk membantu menjalankan suatu sistem operasi atau mengisi kekurangan yang ada pada sistem operasi,
Fungsi daru Sistem Operasi adalah program utama yang ada di dalam komputer untuk mengaktifkan hardware -hardware yang ada di dalam komputer sehingga masing-masing perangkat bisa saling berkomunikasi,
sedangkan fungsi dari bahasa pemrograman adalah untuk mengubah arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia ke dalam format yang dapat dijalankan komputer.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar